Perbedaan Mayonais & Mustard

Kamu sering makan kuliner barat? Bagi kamu yang sering menyantap makanan barat pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mayonaise dan mustard. Mayonaise dan mustard sering digunakan untuk saus pada makanan barat. Sebut saja burger, hotdog, sandwich, hingga cocolan untuk kentang goreng. Berbicara tentang mayonaise dan mustard, keduanya ini sering disama-samakan karena merupakan saus khas barat. Padahal keduanya ini sangat berbeda. Lantas apa yang membedakan keduanya? Untuk tahu jawaban pastinya, kita akan membandingkan langsung keduanya di bawah ini!

Bahan Pembuatnya

Jika dilihat dari bahan pembuatnya, mayonaise dan mustard memang sangat berbeda. Mayonaise terbuat dari minyak nabati, telur ayam, dan cuka. Biasanya cuka bisa digantikan dengan perasan air jeruk lemon supaya mayonaise tidak berbau amis. Sedangkan untuk mustard, berasal dari biji rempah moster  yang dihaluskan kemudian ditambahkan dengan air, garam, kunyit, gula, bawang putih, tepung dan cuka.

Cara Pembuatan

Untuk cara pembuatannya, tentu saja mustard lebih sulit untuk dibuat karena ada banyak tahapan yang harus dilalui. Proses paling lama adalah proses merendam biji rempah moster dalam waktu cukup lama lalu menggilingnya hingga halus. Baru setelah itu bahan-bahan tambahan lainnya dimasukkan. Mustard yang lama direndam air akan memiliki cita rasa pedas yang lebih tinggi. Untuk mustard yang tidak terlalu pedas biasanya tambahan cukanya lebih banyak.

Ketahanan

Jika dilihat dari daya tahan penyimpanannya, mayonaise memiliki umur yang lebih pendek jika dibandingkan dengan mustard. Hal ini dikarenakan ada campuran telur di dalamnya. Untuk mayonaise buatan pabrik bisa bertahan hingga dua bulan di dalam kulkas. Sedangkan untuk mayonaise yang dibuat sendiri hanya bisa bertahan hingga 1-2 minggu saja. Lain halnya dengan mustard yang bisa disimpan di luar ruangan dalam batas waktu hingga berbulan-bulan. Mustard bisa awet asalkan kamu menyimpannya di wadah yang tertutup. Jika disimpan di wadah terbuka, maka mustard akan cepat kering.

Kalori

Coba tebak, di antara keduanya, manakah yang lebih tinggi kalorinya? Tahukah kamu kalau ternyata kalori mayonaise lebih tinggi dibanding mustard? Dalam setiap satu sendok makan mayonaise terdapat 57 kalori dan 5 gram lemak. Sedangkan untuk mustard, per sendok makannya hanya mengandung sekitar 10 kalori saja dan nol lemak.

Tampilan dan Citarasa

Jika dilihat dari tampilannya, kamu bisa langsung membedakan keduanya. Mayonaise memiliki warna putih, sedangkan mustard berwarna kuning, cenderung orange karena ada tambahan kunyitnya. Kalau dari citarasanya, mayonaise lebih creamy dan ada sedikit rasa  manis. Sedangkan untuk mustard, cita rasanya agak pedas sehingga kau tidak bisa banyak-banyak menambahkannya.

Itulah perbedaan dari mayonaise dan mustard. Semoga bermanfaat.

source : pergikuliner com